Cara Membuat VCO

VCO atau Virgin Coconut Oil adalah minyak kelapa murni yang diekstraksi dari daging kelapa yang belum mengalami proses pengolahan. Membuat VCO berkualitasTERBAIK dan mengintip bangunan STANDAR BPOM - Produksi dengan Mesin Modern

Berikut adalah langkah-langkah untuk Cara Membuat VCO:

  1. Siapkan kelapa yang masih segar dan dagingnya diambil kemudian diparut halus.
  2. Kelapa yang sudah diparut dimasukkan ke dalam wadah dan diberi air hangat.
  3. Aduk rata dan biarkanselama kurang lebih 30 menit agar minyak kelapa dapat terpisah dari air kelapa.
  4. Setelah itu, saring adonan kelapa tersebut menggunakan kain atau saringan khusus untuk memisahkan minyak dari air kelapa.
  5. Minyak kelapa yang sudah terpisah dari air kelapa didiamkan selama beberapa jam agar terjadi pemisahan antara minyak dan santan. Jika terdapat endapan pada bagian bawah wadah, bersihkan endapan tersebut.
  6. Minyak kelapa yang sudah terpisah dari santan kemudian dipanaskan dengan suhu yang rendah (kurang lebih 40-50 derajat Celsius) selama beberapa jam. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kandungan air yang masih terdapat pada minyak kelapa.
  7. Setelah minyak kelapa terlihat jernih dan tidak ada endapan lagi, matikan api dan biarkan minyak kelapa tersebut dingin.
  8. VCO siap digunakan dan disimpan dalam wadah tertutup rapat.
cara membuat vco:


Namun, jika ingin memudahkan membuat VCO, dapat menggunakan mesin pembuat VCO yang dapat memproses kelapa menjadi VCO dalam waktu yang lebih singkat dan mudah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips memilih Pohon Kelapa untuk membuat VCO

Tempat wisata terbaik di bali

8 Rekomendasi hotel murah di bali